Tanda Alam Sebelum Gunung Agung Meletus dengan Dasyat - Beritabangli.com

News

Tanda Alam Sebelum Gunung Agung Meletus dengan Dasyat

 Minggu, 12 Desember 2021, 10:55 WITA

beritabali.com/file/Tanda Alam Sebelum Gunung Agung Meletus dengan Dasyat

IKUTI BERITABANGLI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabangli.com, Bangli. 

Gunung Agung di Pulau Bali meletus pada 17 Maret 1963. Sebelum meletus, muncul pertanda alam di beberapa wilayah Bali. Salah satunya adalah muncul berbagai jenis hewan di permukaan sawah.

Pengalaman melihat langsung fenomena letusan Gunung Agung ini diceritakan Made Suganda, dalam buku "Bali Jadul" yang disusun oleh Putu Setiawan.

Dalam buku itu Suganda menceritakan: Suatu ketika kira-kira di bulan Februari tahun 1963 sepulang dari sekolah, setelah melepas pakaian sekolah maka saya pergi ke sawah membawa "sendok saring" untuk mencari siput sawah atau "kakul". 

Pada saat itu saya betul-betul merasa heran dan seolah-olah tidak percaya dimana di sepanjang pematang sawah yang ada di ujing paling barat rumah saya (sekarang kantor KPU Bangli) saya melihat siput, kakul, belut, dan mahluk sawah lainnya keluar seolah-olah panik dan berjejer di sepanjang pematang sawah. Dengan  semangat dan rasa gembira saya menangkap dan memasukkannya ke dalam "dungki" atau wadah untuk menampung ikan yang terbuat dari bambu. 

Saking banyaknya binatang-binatang tersebut maka tempat"dungki" itu tidak bisa menampungnya lalu saya bawa pulang ke rumah dan simpan di dalam "paso" atau sejenis baskom tempat merendam beras yang terbuat dari tanah liat. Setelah itu saya balik lagi ke sawah dengan membawa "dungki" dan ember besi berkapasitas sekitar 5 liter. Sesampai di sawah saya menjadi kaget karena melihat banyak orang hampir puluhan orang yang juga sangat bersemangat menangkap binatang-binatang sawah tersebut dan sambil sesekali mereka berteriak "hidup". Kata itu  diteriakkan berkali-kali dan sambung menyambung. Ada seseorang yang sudah tua memberitahu saya untuk ikut berteriak kata yang sama: "hidup".


Halaman :





TERPOPULER


Hasil Polling Calon Bupati Bangli 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending Terhangat

Beritabali.TV